PENGALAMAN PERDANA IKUTAN FLS2N 2014 !

Okefix,jadi gue mau cerita tentang pengalaman gue pertama ikut FLS2N. Bukan mau sombong atau gimana sih, cuma mau share pengalaman aja. ...

Okefix,jadi gue mau cerita tentang pengalaman gue pertama ikut FLS2N. Bukan mau sombong atau gimana sih, cuma mau share pengalaman aja.

15 Maret 2014
Jadi, tahun kemaren itu sebenernya gue ikut FLS2N cabang desain poster sama mas dafin, tapi ternyata yang dikirim harus 1 cowo sama 1 cewe. Alhasil gue ngalah tahun kemaren gaikut, soalnya mas dafin taun ini udah kelas 3 dan gabisa ikut lagi. Jadi intinya, tahun ini giliran gue yang ngewakili sekolah buat ikutan desain poster FLS2N. dan... penantian panjang itupun dateng juga, bu Mus bawa surat dari dinas pendidikan yang intinya ada FLS2N dan gue disuruh ikutan desain poster sesuai perjanjian tahun kemaren, wahaseeek.! Gue pun dikasih lembaran syarat ketentuan lombanya. Setelah gue baca-baca akhirnya gue baru sadar kalo ternyata taun ini ada lomba baru di FLS2N yaitu Film Pendek. Nah, itu lomba gue banget tuh ! Alhasil gue ngundurin diri dari desain poster dan join di lomba film pendek.

Gue udah punya feel partner yaitu Ulik Why ulik ? entahlah, dia satu-satunya anak smanip yang pikirannya meledak-ledak dan susah ditebak. dan setelah gue ajak dia buat ikut lomba ini, tau dia jawab apaa ?? dia gakmau ikutt !! (tuhkan, susah ditebak).

Tapi tenang, anak smanip gak kekurangan anak berotak liar dan brutal kok. Gue masih punya istik. Ya sebenernya istik ini lebih jago ke fotografi sih ketimbang videografi. Kalo hasil fotografinya gue udah sering liat dan ajib banget, tapi kalo videografinya dia gue belum pernah liat sama sekali. Tapi apa salahnya kalo dicoba kan ? dan setelah gue tawari, tanpa ba-bi-bu. Dia mauuu !! puji tuhan J))))

21 Maret 2014
Ya silahkan bilang gue ini anak bandel. Why ? gue udah ngerengek-rengek minta ke bu muf (Pembina seni di smanip) pokoknya yang ikut TM kudu anak-anak, gak cumin guru. Ini yang bikin smanip kalah bertahun-tahun. Bayangin sob, tahun kemaren aja semua materi TM yang diberitahu guru ke anak-anak salah semua wooy. Salah besar. Bahkan hal-hal sepele semacam lagu apa yang dinyanyikan anak solo vocal aja salah. Bayangin bisa berabeh kan lomba gue kalo lagi-lagi gue ngebiarin guru yang dateng TM ? Akhirnya usaha gue gak sia-sia. Dikabulkanlah keinginan gue dan disewalah satu angkutan desa jurusan porong-krembung buat ngangkut anak-anak TM di SMPN 2 Sidoarjo (kalo masalah angkot mengangkot, gue gak ikut-ikutan. Gue naik motor sendiri sama kadek sama enes ._.v )

Dikasihlah kita oleh pak iskandar uang saku untuk makan siang Rp. 22.500,-per anak yang gaktau entah kenapa kita nerima Cuma Rp.15.000,-

Usai TM diberitahulah bahwa tema lomba film pendek adalah “Pendidikan sebagai kekuatan bangsa dalam menciptakan generasi muda yang beretika”

5 April 2014
This is the date !! Ini harinya !! semua persiapan tempur kita berdua udah disiapin. Mulai kamera, lensa, tripod segede bazooka sampe laptop dan segala tetek-bengeknya. Asal kalian tahu aja, lomba film pendek ini digelar di SMAN 4 Sidoarjo dan rumah gue di puri indah yang jaraknya Cuma beberapa meter dari SMAN 4 Sidoarjo tapi gue harus ke sekolah dulu yang jaraknya 17 km dari rumah. Jadi rute hari ini adalah : Puri Indah- Porong- Balik puri indah lagi. Okelah #akurapopo

06:45
Nyampe di sekolah. Anak-anak kontingen FLS2N SMAN 1 Porong sudah pada ngumpul. Mulai anak tari, vocal sampe teater. Anak teater udah dandan mulai jam4 pagi (emang diantara kita semua, anak teater yang paling mantab paling niat pake banget). Anak vocal masih ribet sama instrument music yang masih ketuker-tuker dan aku diceramahi  istik gara-gara dateng telat padahal aku nyuruh dia dateng jam setengah enam ke sekolah. Okefix #akurapopo #maneh
07:50
Berangkat ke SMAN 4 Sidoarjo. Lombanya dimulai jam 8 jadi tolong jangan ditanya berapa kecepatan motor gue kala itu, Istik Cuma bisa teriak-teriak ketakutan dibelakang tapi gak gue gubris. Yang penting gimana caranya 10 menit bisa buat nembus porong-puri indah yang jaraknya 17 km plus-plus itu.
08:15
Nyampe SMAN 4 Sidoarjo. Telat. Dan kita disuruh satpamnya puter balik. Gak boleh parkir di dalam sekolah dan kudu parkir di dalem. #okefix #kampretkan
08:25
Briefing lomba dimulai. Lagi-lagi gue dimarahi temen gue, namanya bunga. Anak SMAN 1 Wonoayu, temen satu smp dulu di SMPN 5 Sidoarjo. Kenapa dimarahi ? yaiyalah gue nyuruh bunga buat dateng jam 7 di SMA 4, tapi guenya sendiri molor sampe jam setengah 9.

Gue lirik kiri-kanan, saingannya medeni.  Muka-muka bengis, muka-muka siap gigit, ada yang bawa mobil sendiri, ada yang tripodnya 6x dari bazooka, ada lensanya yang segede bogem, terus kalo liat gituan nyali gue sama istik ciut ? ogah bangeeet~ gue sih selow aja :)

08:35
Cabut syuting !! waktu syuting sama edit Cuma 8 jam. Jam 12 kudu balik ke sman 4 buat edit dan jam 4 filmnya kudu jadi dan kudu dikumpulin.Dan kalian tahu dimana lokasi syutingkuuu ? di ujung timur sidoarjo, di selat maduraaaa ~ naik kapalnya aja bolak-balik makan waktu 2 jam setengah, belum syutingnya. Jadi bisa dipastikan aku tiba di SMAN 4 nanti sangatlah terlambat.
10:15
Sampe di lokasi syuting. Take ini itu, minta ijin ke wakasek dan mulai shoot dari adegan pelajaran dikelas sampe adegan naik kapal yang bikin gue sama istik ketir-ketir. Istik ketir-ketir karena takut kameranya nyemplung, sedangkan gue takut karena gue gabisa renang. #yaelahbroo


ngeksis dulu lah broo

gue (dua dari kiri), dan istik (tiga dari kiri) di lokasi syuting

12:00
Udah nyampe di sidoarjo. Udah selese ambil tak di depan exit tol, depan pendopo sama alun-alun. Gagal ambil take di gor soalnya lagi ada kampanye demokrat yang bikin GOR jadi gak se-eksotis sebelumnya. Dan karena lapar pake banget, diputusinlah aku sama istik buat nongkrong di Mcd. Sableng banget kan yaa ? padahal jam 12 harusnya kita udah balik ke SMAN 4. Pas lagi asik-asik makan, anak teater SMS kalo mereka mau tampil. Okelah cabut kita ke SMPN 4 , tempat lomba teater. Lagian juga sebelahan sama tempat lomba gue.
12:55
Nyampe di SMPN 4 Sidoarjo. Ketawa-ketawa sama anak-anak teater dan liat penampilan anak teater yang duh kece badaaai. Gue yakin mereka pasti menang. Saking serunya gue sampe lupa kalo gue juga lomba dan belum ngedit sedikitpun-__- cus balik ke SMAN 4 Sidoarjo !!
14:10
Sampai di SMAN 4 Sidoarjo, ditanya juri kenapa telat gue bilang syuting gue jauh, untungnya mereka ga marah tapi tetep ga dikasih perpanjangan waktu. Jadi, sisa waktu gue Cuma….. 100 menit !!
15:00
Waktu kurang satu jam, keringet udah segede jagung.Emosi gue mulai gak terkontrol. Dan disinilah posisi istik sangat berarti banget. Mungkin karena kita temenan udah lama jadi dia ngerti, kapan gue marah dan kapan dia harus diem.untung dia sabar yaa. Coba kalo dia marah, gue ikutan marah juga. Berabeh dah gajadi-jadi ini film.
15:45
Dubbingnya gak kedengeran. Master volume Adobe premierenya gabisa diubah soalnya pake versi trial. Mampuslah sudah~ tapi berhasil gue akalin pake videopad dan lalala. Selesai !
16:00
Waktu habis ! film gue udah selese, Cuma tinggal nungguin selese render. Waktu itu diruang lomba tinggal tersisa 7 tim. Jurinya geleng-geleng kepala liat gue yang dateng terlambat tapi udah selesai.
16:20
Render selesai, filem sudah jadi. Sebelum dikumpulin gue sama istik berdoa dan ngeliat hasilnya sekali lagi. Ternyata ada music yang masuknya gak pas, dan akupun lupa masukin daftar scoring music ke credit tittle. Akhirnya dibongkarlah lagi itu master file di premiere dan ngedit sedikit dan render lagi yang lamanya mampus parah-__-
16:50
Lala yeyeye. Film jadi. Dikumpulin. Dan ternyata bukan gue yang paling telat, di ruang lomba masih tersisa 1 tim yang belum selesai. Dari SMAN 1 Waru kalo gasalah. Pembina mereka ngomel-ngomel soalnya yang dateng TM itu guru seni dan ngasih bimbingan gak jelas sehingga salah kaprah.(toh, apa gue bilang ? gak sia-sia kan nyewa angkot buat dateng TM ?)
Gue Tanya kepanitia, pak pengumumannya kapan ?
Dia bilang paling lambat jam 8 bisa liat di web.
Okesip. Gue pulang.
17:05
Nganter istik ke Mcd buat ultah ulik, gue gabisa dateng karna gue capek pake banget fix.
Dapet sms dari anak teater kalo mereka kalah, dan gue Cuma bisa batin :Ah, jurinya bego  !
17:15
Nyampe rumah, gak makan, gak mandi, gak ganti baju, langsung ke kamar dan… tepar-__-
20:00
Baru bangun,mandi, makan, nyalain wifi, buka laptop sambil berdoa komat-kamit. Hasilnya adalah…… PANITIA PHP !! PENGUMUMAN BELUM MUNCUL-__-
21:00
Perngumuman masih belum muncul. Telpon bu mus direject, sms pak yuli  sama pak eko gadibales. Yatuhaaaan ada apa ini-__-
22:00
Pengumuman juga belum muncul. Tere mention gue, anak tari berpasangan dapet medali emas dan lolos ke provinsi.alhamdulilaaaah. akhirnya smanip yatuhan :’)
23:00
Pengumumannya belum muncul. Ini panitia pada sadis bener. Gaktau gue deg-degan minta ampun apa.
23:15
Refresh website panitia sekali lagi (www.mgmpsenisidoarjo.blogspot.com ) kalo masih belum ada yaudah gue tinggal tidur.
Eh eh, ternyata udah muncul.
Dag-dig-dug !!
Gue scrool layar sambil nutupin separuh layar pake tangan.
Dag!
Ada nama SMAN 1 Porong di juara 1 Tari berpasangan (Tere dan Nanda)
Scrool lagi..
Scroll lagi..
Ada nama SMAN 1 Porong lagi di juara 1 Vokal Putra.
Ya allah arul ke provinsi.
Dua cabang dari smanip lolos ke provinsi yatuhaaan :’)
Scrool lagi,,,
Scroll lagi..
Yap ! film pendek! Ini pengumuman gue !
Scroll dan…
FILEM GUE JUARAAA 1 !! MEDALI EMAS !! LOLOS KE PROVINSI !!
Ya allah seneng pake banget :’) gue langsung ngetwit dan dapet ucapan selamat yang bejibun.
SMANIPDA dapet 3 emas dan boyong gelar juara umum tahun ini :)
Tahun tahun sebelumnya, jangankan juara umum,menang 1 lomba aja belum pernah di FLS2N.
Mei nanti berangkat ke provinsi. Minta doanya ya guys.
Yang mau liat filmnya bisa dilihat disini -> http://www.youtube.com/watch?v=va-V-_lBIO0&feature=youtu.be


You Might Also Like

13 comments

  1. hai" gue anak kalimantan barat gue" juga lolos seleksi kabupaten" yang ingin gue tanyakin apa boleh menggunakan pemain piguran"

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus" apakah lokasi syuting yang memnetukan kita sendiri

      Delete
  2. hai" gue anak kalimantan barat gue" juga lolos seleksi kabupaten" yang ingin gue tanyakin apa boleh menggunakan pemain piguran"

    ReplyDelete
  3. maksudnya lolos kabupaten itu dapet juara 1 di kabupaten , atau baru mau ikut yang di kabupaten ? figuran boleh, jumlah pemain bebas. anak sekampung juga boleh. asal tim produksinya tetep cuma 2.

    lokasi ditentukan sama panitia. biasanya di kawasan kab./ kota itu sendiri

    ReplyDelete
  4. kwreeeen mantab! maju terus ya. kami juga ikutan di FLS2N 2014 jatim lho. nginep di lantai 17.

    ReplyDelete
  5. @gugun : loh ikut FLS2N jatim juga ? dari kabupaten/ kota mana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ndampingi Kab. Blitar. tahun 2016 ini anak-anak juga masuk ke tingkat propinsi tapi cuma dapet peringkat harapan

      Delete
  6. Wah, gokil mas ceritanya. Ceritakan yang di Provinsi dong. Hehe

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  8. @harits : iya kapan-kapan bakal cerita. tapi agak sad sih, soalnya gak seberuntung yang di kabupaten. hehe

    ReplyDelete
  9. kak gimana sih cara menang di fls2n film pendek, terus ada gak tips supaya film kita lebih bagus dari yang lain? terus penilaian juri itu lebih menonjol ke cerita apa film hasil kia buat ?

    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutan bantu ngejawab ya: Menang itu selera juri, yang penting maksimal garap film :)

      Delete
  10. kak, abis bikin film pendeknya, di uji atau enggk?

    ReplyDelete

Flickr Images