KAMI LAYAK KARENA KAMI MEMANG LAYAK

Deteksi Convention sepertinya tidak ada habisnya jika dibahas dikalangan anak muda di Jawa Timur. Even yang sempat dinobatkan sebagai ...


Deteksi Convention sepertinya tidak ada habisnya jika dibahas dikalangan anak muda di Jawa Timur. Even yang sempat dinobatkan sebagai konvensi anak muda di Indonesia ini memiliki magnet tersendiri untuk menyedot muda-mudi berkumpul bersama dan menuangkan ide liarnya. 
 
         Oke, to the point aja. Kenapa kami berdua layak menjadi peserta Journalist Blog Competition ? Jawabannya, karena kami berdua ini “liar”. Kenapa harus liar ? karena DetCon selalu haus akan ide-ide liar. Hampir tiap tahun Detcon menawarkan kegilaan yang selalu terpatri di benak semua pengunjung yang turut meramaikan even tersebut. DetCon tidak pernah mengenal kata “biasa”. DetCon dilahirkan untuk melahirkan banyak karya liar di negeri ini

         Kedua, kami layak karena kami memang dilahirkan untuk jurnalistik. Kami berdua sudah cinta jurnalistik sejak kecil waktu kami sering mencuri koran dari meja ayah kami, membacanya walau tak mengerti. Dari situlah kekaguman kami mencuat. Kata demi kata yang tertulis di lembaran surat kabar berhasil menghipnotis kami untuk mencintai jurnalistik. Langkah kaki kami, kata hati kami sepakat. Menuntun kami ke suatu titik dimana dunia jurnalistik bermuara. DetCon adalah telaga kami. Oase yang kami nanti setelah sekian lama kami cari. Ini dunia kami, ini surga kami. Disinilah kerinduan kami akan jurnalistik bisa terobati. 
 
       Ketiga, kami layak karena kami memang layak. Kami yakin, kami dan kalian sama-sama tahu, bahwa ukuran “layak” disini tidak dapat diterjemahkan atau didefinisikan. Kata layak bersifat abstrak. Tergantung individu yang memandang. Kami munafik jika kami menyebut diri kami layak sedangkan diluar sana masih banyak yang lebih layak dan alangkah lebih munafik lagi jika kalian menyebut diri kalian layak sementara kami sendiri yakin bahwa diri kami yang paling layak. Jadi pembahasan layak dan tidak layak ini akan semakin melebar karena memang belum ada yang bisa mempertemukan dua orang atau lebih dalam kata sepakat tentang kelayakan. Namun kami yakin, selama nafas kami masih beradu dengan denyut nadi kami, selama itu pula kami akan terus mencintai jurnalistik dan selama itulah kami berani mengatakan bahwa kami layak mengikuti even jurnalistik termasyur di Indonesia, DetEksi Convention.
Kenapa kami sebegitu yakin bahwa kami layak ? Karena kami sudah tidak tahu lagi harus dengan cara apa kami membuktikan bahwa kami memang benar-benar layak. Yang bisa kami lakukan saat ini adalah hanya berharap panitia membaca esai ini, meloloskan kami berdua untuk ikut serta, lalu di arena yang sesungguhnya, kami berdua akan berusaha sekuat tenaga membuktikan kepada kalian semua bahwa panitia tidak pernah salah telah memberi kesempatan kami berdua untuk ikut serta. Dan setelah semuanya berakhir, kami, kalian dan dunia akan sepakat untuk satu hal : Kami memang layak mengikuti Deteksi Convention 2k13.

TIM JURNALIS SMA Negeri 1 Porong, Sidoarjo
  • Dimas Putra Permadi (Writer)
  • M. Reynaldi Hidayat (Photograper)

You Might Also Like

0 comments

Flickr Images